Citrula Gel: Anti Jerawat dari Kulit Semangka Temuan Mahasiswa UMP

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kembali mengukir prestasi ditingkat nasional dalam bidang penemuan. Mahasiswa UMP menemukan gel anti jerawat dengan memanfaatkan limbah dari kulit semangka (Citrullus Lanatus).

Penemuan gel anti jerawat ini diberinama “Citrula Gel”.

Mahasiswa yang tergabung dalam tim ini adalah Tika Ambarwati, Yola Anggraeni dan Irmas Miranti. Ke-3 mahasiswa ini berasal dari Fakultas Farmasi UMP melalui salah satu program kampus Kreatifitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE).

Saat diwawancarai, ketua kelompok mengungkapkan bahwa kulit semangka jika diolah dengan tepat dapat dijadikan sebagai bahan dasar untuk menghilangkan jerawat pada wajah.

“Salah satu bahan alami yang bisa mengatasi problem jerawat adalah semangka. Buah semangka ini merupakan buah-buahan yang dapat tumbuh diberbagai musim, sehingga akan mudah ditemukan dan pastinya hargan buah ini cukup terjangkau,” ujar ketua kelompok Yola Anggraeni di Purwokerto, Kamis (19/7/2018).

Lebih lanjut Yoga mengatakan, Indonesia ini merupakan salah satu negara memiliki iklim tropis yang dominan sehingga masyarakat di Indonesia harus siap menerima resiko terhadap timbulnya masalah jerawat.

“Biasanya problem jerawat terjadi karena pada daerah beriklim tropis tubuh manusia akan lebih sering memproduksi keringat ditubuh sehingga kelenjar keringat bekerja sangat aktif dan memproduksi minyak berlebihan yang dapat menimbulkan jerawat,” ucapnya.

Menurutnya, masyarakat tahunya kulit semangka bagian dalam yang berwarna putih adalah limbah, namun penelitian bagian dalam semangka yang berwarna putih ini ternyata memiliki banyak kandungan gizi.

“Kulit pada buah semangka ini memiliki senyawa yang aktif sebagai anti-bakteri, yaitu terpenoid. Terpenoid di dalamnya mengandung senyawa likopen dari golongan karotenoid. Lebih jauh, likopen inilah diklaim punya kerja lebih baik dibanding antioksidan,” jelasnya.

Setelah melihat permasalahan tersebut, Yola bersama teman-temannya dibantu dengan seorang dosen pembimbing dari Fakultas Farmasi UMP, Erza Genatrika MSc Apt, mencoba untuk membuat gel dari kulit buah semangka.

“Setelah melihat permasalahan yang ada, maka kami dari tim mahasiswa UMP berinisiatif membuat gel anti jerawat dari kulit buah semangka yang bernama Citrula Gel. Produk ini terbuat dari limbah kulit semangka atau dengan nama latin Citrullus Lanatus sebagai anti-jerawat (Acne vulgaris),” ungkapnya.

Ini jadi prestasi nasional sendiri bagi Indonesia.

Related Posts

About the Author: Unilaki

Universitas Lakidende atau biasa disingkat UNILAKI adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang berada di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *