HomeBlog

Tanya Veronika Asisten Virtual (Chatbot) Telkomsel

Tanya Veronika Asisten Virtual (Chatbot) Telkomsel

Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel merupakan layanan dukungan berbasis chat atau obrolan untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan berbagai hal seperti mengisi pulsa, bayar tagihan, cek kuota internet, mencari lokasi MyGraPARI, tukar POIN atau membutuhkan informasi layanan dari Telkomsel.

Asisten Virtual Telkomsel saat ini merupakan transformasi dari Voice Responce and Info Care (Veronica), sebuah layanan dukungan pelanggan Telkomsel di mesin penjawab apabila panggilan tidak terjawab atau diluar jangkauan saat itu.

Seiring perkembangan zaman mengikuti trend masyarakat yang lambat laun mulai banyak menggunakan chatting dalam kehidupan sehari hari membuat Telkomsel meluncurkan Asisten Virtual dengan kecerdasan buatan untuk mengimbangi permintaan layanan pelanggan yang semakin tinggi.

Tanya Veronika Asisten Virtual

Tanya Veronika Asisten Virtual ini merupakan chatbot yang memiliki kecerdasan buatan dan dirancang untuk mensimulasikan sebuah percakapan intelektual terhadap manusia dengan tujuan praktis seperti memberi bantuan online, akuisisi informasi dan layanan personal.

Chatbot yang diberi nama ‘Veronika’ ini merupakan layanan digital berbasis obrolan hasil kerjasama Telkomsel dengan kata.ai yang kemudian dikembangkan oleh Accenture, perusahaan global bergerak dibidang komunikasi.

Layanan digital berbasis obrolan dari Telkomsel ini diklaim yang pertama di Indonesia dan Asia Tenggara sebagai layanan self-service oleh operator jaringan seluler saat awal peluncurannya di tahun 2017.

Awalnya Asisten Virtual Telkomsel hanya bisa diakses di tiga platform saja. Namun saat ini layanan dukungan Tanya Veronika Asisten Virtual ini bisa diakses oleh seluruh pelanggan Telkomsel melalui channel:

  • LINE @Telkomsel
  • Facebook Messenger ‘Telkomsel
  • Telegram @Telkomsel_official_bot
  • Situs www.telkomsel.com
  • WhatsApp Telkomsel Virtual Asisten
  • Aplikasi MyTelkomsel

Cara Akses Veronika

Untuk terhubung ke layanan Asisten Virtual Telkomsel ini Anda bisa mulai dengan mengakses salah satu dari 6 channel akun resmi Veronika Telkomsel yang tersedia.

Berikut langkah-langkahnya.

1. LINE

  • Buka aplikasi line di hp Anda
  • Ketikkan @Telkomsel di kolom pencarian
  • Setelah terhubung mulai obrolan dengan Veronika

2. Facebook Messenger

  • Gunakan akun Facebook pribadimu
  • Buka aplikasi Facebook Messenger
  • Ketikkan “Telkomsel” tanpa tanda (“) pada kolom pencarian
  • Jika telah terhubung mulai obrolan dengan Asisten Virtual Telkomsel

3. Telegram

  • Buka aplikasi Telegram di hp Anda
  • Ketikkan “Telkomsel_official_bot” tanpa tanda (“) pada kolom pencarian
  • Pilih Telkomsel Care lalu mulai obrolan ketika Anda telah terhubung

4. Website Telkomsel

  • Akses website resmi Telkomsel
  • Tunggu sesaat hingga icon chat Veronika di pojok kanan bawah tampil
  • Jika sudah tampil, Anda bisa mulai chatting dengan Asisten Virtual Telkomsel

5. WhatsApp

  • Buka aplikasi WhatsApp di hp Anda
  • Add friend (Teman)
  • Kasih nama Veronika lalu isi nomor hp 0811 1111 1111

6. Aplikasi MyTelkomsel

  • Unduh dan install aplikasi MyTelkomsel di playstore atau AppStore jika Anda pengguna IOS
  • Lakukan verifikasi nomor Telkomsel
  • Buat akun pribadi di aplikasi MyTelkomsel
  • Setelah punya akun, Anda bisa mengakses Asisten Virtual Telkomsel pada menu Layanan Konsumen (Tanya Veronika).

Fungsi Veronika

Fungsi utama Asisten Virtual Telkomsel ini adalah memberi layanan dukungan terhadap pelanggan Telkomsel kapanpun, dimanapun dan cepat aksesnya.

Layanan dukungan pelanggan ini meliputi:

  • Pembelian paket dan produk Telkomsel
  • Mengecek kuota/data internet Telkomsel
  • Membayar tagihan secara online
  • Membantu dalam menukarkan Telkomsel POIN
  • Membantu menemukan lokasi GraPARI terdekat
  • Informasi promo, produk dan layanan Telkomsel

Akuisisi informasi promo, produk dan layanan Telkomsel ini juga termasuk seputar:

  • Cara upgrade nomor 3G ke 4G
  • Infomasi paket aktif dan langganan
  • Informasi tagihan pascabayar
  • Informasi Pin T-Care
  • Informasi PUK (Personal Unblocking Key)

Cara Tanya Veronika

Untuk bertanya ke Veronika Asisten Virtual Telkomsel Anda bisa mengikuti panduan ini.

  • Akses salah satu dari 6 channel Asisten Virtual yang tersedia.
  • Lakukan verifikasi nomor Telkomsel Anda.
  • Mulai buka obrolan dengan Asisten Virtual Telkomsel dengan mengetikkan “Hai” atau “Halo”.
  • Ketikkan “Menu” di kolom obrolan untuk melihat informasi dan layanan.
  • Pilih informasi dan layanan apa saja yang Anda butuhkan.

Yang perlu Anda perhatikan dalam menggunakan layanan dukungan Asisten Virtual Telkomsel ini, Anda tidak diperkenankan melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Memakai bahasa kasar/kotor atau tidak etis saat chatting dengan Veronika.
  2. Mengancam, melecehkan dan menghina orang maupun badan lain.
  3. Melakukan spam kepada layanan Asisten Virtual Telkomsel.
  4. Membuat pernyataan yang bisa menimbulkan konflik suku, agama dan ras (SARA).
  5. Melanggar keamanan dari layanan Asisten Virtual Telkomsel.
  6. Mengirim tautan, gambar, video, file tanpa ada izin dari pemegang kekayaan intelektual.
  7. Mengirim konten yang berbau pornografi kepada Asisten Virtual Telkomsel.
  8. Mengakses secara ilegal Asisten Virtual Telkomsel.
  9. Memalsukan informasi yang dapat merugikan pihak lain.
  10. Melakukan hal bertentangan dengan hukum yang berlaku di NKRI.

FAQ Tanya Veronika Asisten Virtual

Ini merupakan pertanyaan yang sering diajukan oleh pelanggan Telkomsel diambil dari website resmi Telkomsel.

Apakah yang dimaksud dengan Asisten Virtual Telkomsel?

Asisten Virtual Telkomsel merupakan layanan dukungan pelanggan berbasis chatting atau obrolan untuk memudahkan pelanggan dalam mengisi pulsa, bayar tagihan pulsa, cek kuota internet, mencari lokasi MyGrapari, tukar POIN atau membutuhkan informasi layanan dari Telkomsel.

Bagaiamana cara mengakses Asisten Virtual Telkomsel?

Asisten Virtual Telkomsel bisa diakses melalui akun resmi Veronika pada channel LINE, Facebook Messenger, Telegram, website resmi Telkomsel, WhatsApp dan aplikasi MyTelkomsel yang bisa diunduh di playstore maupun IOS.

Bagaimana jika salah memasukkan nomor/MSISDN saat mengobrol dengan Asisten Virtual Telkomsel?

Jika pelanggan mengalami hal ini, yaitu salah tiga kali dalam memasukkan nomor ponsel maka interaksi pelanggan dengan Veronika akan terblokir selama lima menit.

Kapan layanan Asisten Virtual Telkomsel dapat digunakan oleh pelanggan?

Layanan pelanggan ini bisa digunakan 7 x 24 jam karena merupakan sebuah layanan obrolan online dan telah melayani pelanggan Telkomsel sejak 24 Agustus 2017.

Channel atau platform apa saja yang mendukung layanan Asisten Virtual Telkomsel?

Saaat ini layanan Asisten Virtual Telkomsel bisa diakses melalui LINE, Facebook Messenger, Telegram, website resmi Telkomsel, WhatsApp dan aplikasi MyTelkomsel.

Apakah bisa mengganti topik ditengah obrolan dengan Asisten Virtual Telkomsel?

Ketik “Batal” atau “Cancel” untuk mengganti atau mengakhiri topik obrolan.

Bisakah Asisten Virtual Telkomsel membantu untuk menemukan lokasi GraPARI?

Pada obrolan ketik “GraPARI terdekat” lalu gunakan fitur share location untuk menemukan lokasi GraPARI.

Apakah terdapat aturan terkait Kode Verifikasi (OTP) yang dikirim saat berinteraksi dengan Asisten Virtual Telkomsel?

Ada, berikut aturan terkait Kode Verifikasi (OTP) ketika pelanggan melakukan obrolan dengan Asisten Virtual Telkomsel.
1. Jika pelanggan salah memasukkan Kode Verifikasi (OTP) sebanyak tiga kali maka interaksi pelanggan dengan Veronika akan terblokir selama lima menit.
2. Jika pelanggan melakukan permintaan Kode Verifikasi (OTP) sebanyak tiga kali maka interaksi pelanggan dengan Veronika akan terblokir selama lima menit.
3. Jika Pelanggan salah memasukkan Kode Verifikasi sebanyak sembilan kali maka interaksi dengan Veronika akan terblokir selama 1×24 jam.

Untuk informasi lebih lanjut seputar tanya Veronika Asisten Virtual ini Anda bisa langsung mengakses situs resmi Telkomsel.

#TanyaVeronika, mau tanya? tinggal chat aja!

COMMENTS

WORDPRESS: 0